Ladang Mutiara di Zamrud Khatulistiwa



            Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Negara Indonesia yang memiliki beragam kekayaan, baik alam, budaya, maupun sejarah dengan ciri khasnya tersendiri yang membedakannya dengan daerah lain di Indonesia bahkan mancanegara. Salah satu bentuk kekayaan tersebut adalah bentangan alam Geopark Ciletuh-Pelabuhan Ratu yang telah ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark pada tahun 2018.
            Geopark Ciletuh merupakan mahakarya tuhan yang tak ternilai harganya. Mulai dari perbukitan yang berjejer dengan kokohnya sampai lautan yang terhampar dengan indahnya tersedia di kawasan objek wisata ini. Hal menarik yang patut ditelusuri adalah berbagai macam air terjun atau curug jika diartikan dalam bahasa Sunda yang memiliki keunikan dan menyuguhkan pesona yang menakjubkan. Beberapa contohnya adalah Curug Awang dan Curug Cikaso. Pertama, Curug Awang dengan julukannya sebagai “Niagaranya Indonesia” lantaran memiliki mulut air tejun yang sangat lebar, sekitar 60 meter. Ketika debit air membesar, maka air terjun ini akan menampakan tirai air alami yang sangat besar dan indah seperti Niagara Falls yang ada di Negeri Paman Sam. Kedua, Curug Cikaso yang memiliki tiga air terjun kembar pemikat hati. Deburan ketiga air terjun di kawasan ini akan menciptakan percikan-percikan air yang membiaskan sinar mentari menjadi jembatan pelangi yang elok.
            Berbicara soal pantai, jangan ragukan daerah yang satu ini. Kawasan seluas 1200 km2 ini memiliki begitu banyak pantai yang sangat memukau, sebut saja Pantai Pangumbahan yang memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para pelancong untuk merasakan sensasi melepaskan tukik ke lautan lepas. Selanjutnya, Pantai Cipanarikan yang memiliki ciri khas berupa garis pantai yang sangat panjang serta dataran pasir pantainya yang sangat halus dan luas, sehingga memungkinkan pengunjung mencoba berselancar di atas lautan pasir yang memacu adrenalin.
            Dengan segala kekayaan alam yang dimiliki oleh satu dari dua geopark internasional yang dimiliki Indonesia, julukan “Ladang Mutiara” pantaslah disematkan sebagai representasi dari banyaknya objek wisata yang dapat dieksplorasi. Jadi, masih ragu untuk berpetualang ke Geopark Ciletuh?


Sumber gambar : www.wikipedia.com

Komentar

Postingan Populer